Senin, 12 September 2011

Perbandingan antara GPRS, EDGE, 3G, HSDPA dan 4G

Akses data internet sekarang ini sudah semakin cepat, karena semua penyedia jaringan bersaing untuk meluncurkan sistem kecepatan pengiriman data. Perbandingan kecepatannya sebagai berikut,
  1. GPRS (Global Package Radio Service) yang juga disebut teknologi 2.5G. Idealnya jaringan GPRS memiliki kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps.
  2. EDGE (Enhance Data rates for Global Evolution) disebut sebagai teknologi 2.75G diperkenalkan pertama kali oleh Cingular (sekarang AT&T) di Amerika Serikat pada tahun 2003. Jaringan EDGE pada idealnya memiliki kecepatan mencapai 236 kbps.
  3. Teknologi 3G (Third-Generation Technology) disebut dengan mobile broadband karena keunggulannya sebagai modem untuk internet yang bersifat portable. Teknologi ini dapat digunakan untuk melakukan video call. Idealnya teknologi ini memiliki kecepatan transfer data pada level minimum 2Mbps pada pengguna yang berada pada posisi diam ataupun berjalan kaki, dan 384 kbps pada pengguna yang berada di dalam kendaraan yang sedang berjalan.
  4. HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access) disebut juga 3.5G, 3G+ atau Turbo 3G, merupakan teknologi yang disempurnakan dari teknologi sebelumnya yang juga dapat yang memungkinkan jaringan berbasis Universal Mobile Telecommunication System (UMTS) memiliki kecepatan dan kapasitas transfer data yang lebih tinggi. Penggunaan HSDPA saat ini menyokong kecepatan penelusuran dari 1.8, 3.6, 7.2 hingga 14 Mpbs. Oleh karena itulah jaringan HSDPA ini sudah sangat nyaman untuk digunakan sebagai modem internet pada computer ataupun notebook.
  5. HSUPA digolongkan sebagai 3,75G, menawarkan turbo akses berupa kecepatan uplink 5,8 Mbps.
  6. 4G (Fourth-Generation Technology) secara teori dapat memberikan kecepatan data dengan range dari 20Mbps hingga 80Mbps.
Banyaknya jenis kecepatan data yang ditawarkan menjadikan kemudahan bagi kita untuk memilihnya sesuai keperluan dan itupun masih mungkin ditingkatkan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar